Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol

Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol - Hallo Companions Motorsindo, In the article you read this time with the title Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol, We have prepared this article well for you to read and retrieve the information therein. Hopefully post content Article Otomotif, Article Rem, Article Sistem rem, Which we write this you can understand. Well, congratulations on reading.

Title : Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol
Link : Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol

Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol

Rem tromol

Rem terdiri dari beberapa jenis, diantaranya berdasarkan konstruksinya yang terdiri dari rem cakram dan rem tromol. Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol

komponen :

  • Tromol
  • Silinder Roda
  • Sepatu Rem
  • Kampas Rem
  • Pegas Pengembali


Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang.



kampas rem
komponen rem 













Cara Kerja :

Saat pengemudi menginjak pedal rem, master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda, silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya sepatu rem yang membawa kampas  rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yang menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti.

Macam-macam rem tromol

  • Tipe leading and trailing
  • Tipe uniservo
  • Tipe duoservo
  • Tipe two leading single action
  • Tipe two leading double action



A.Tipe leading and trailing
Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dengan dua piston di dalamnya. Sepatu roda yang tidak berhubungan dengan silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak. Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju atau mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang.

B.Tipe uniservo
Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya, sepatu rem yang tidak berhubungan dengan sepatu rem masih dapat bergerak. Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat  pada saat maju dibanding mundur, sehingga lebi cocok untuk rem depan.

C.Tipe duoservo
Tipe ini hampir sama dengan tipe leading and trailing, perbedaannya pada sepatu rem yang tidak berhubungan dengan silinder roda tidak diikat mati, atau diikat mengambang sehingga dapat bergerak. Seperti pada tipe uniservo, tekanan hidraulis yang diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yang lain. Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur, sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing.


Baca juga :
Sistem Rem Mobil

sumber : buku catatanku, wikipedia.com

semoga artikel tentang rem tromol ini bermanfaat. Mohon Maaf, yang lain nyusul


Thus the article Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol

A few articles Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol This time, hopefully can give benefits to you all. All right, see you in another article post.

You now read the article Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol With the link address https://motorsindo.blogspot.com/2014/08/komponen-cara-kerja-dan-fungsi-rem.html

Related Posts:

0 Response to "Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol"

Post a Comment