Title : Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil
Link : Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil
Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil
Honda NSX (mid-engine)
Bagi beberapa dari Anda, adakah yang pernah berpikir apa perbedaan mesin yang diletakkan di tengah (mid-engine) dan juga di belakang (rear-engine)? Karena sebenarnya kedua mesin ini diletakkan di belakang. Karena bila benar-benar diletakkan di tengah, maka space atau ruang untuk pengemudi akan tersita oleh peletakkan mesin di tengah. Jika dari Anda sekalian ini ada yang bingung dengan perbedaan antara mesin tengah dan mesin belakang, artikel ini akan menjawab segala rasa penasaran Anda. Langsung saja.
Mid engine atau mesin tengah menurut yang saya baca di Quora.com, sebenarnya adalah istilah dari letak mesin yang lebih ke tengah dibanding rear engine. Jadi, jika diartikan secara harafiah, lebih tepatnya mesin ini lebih cocok disebut back mid engine karena seperti yang saya sebut di atas, posisi mesin agak ke belakang untuk memberikan ruang untuk kursi pengemudi.
Namun disini yang menjadi berbeda adalah mesin mid atau tengah diletakkan di depan as roda belakang, seperti pada gambar di atas. Jadi, posisi mesin akan sangat dekat dengan kursi pengemudi. Penciptaan mesin dengan posisi tengah ini memberikan keuntungan, yakni bobot mobil menjadi lebih stabil antara depan dan belakang sehingga memberikan keseimbangan lebih saat melewati tikungan. Tetapi, mobil model ini hanya memiliki sedikit ruang bagasi dan saat mobil ini kehilangan kontrol, maka akan lebih sulit dikendalikan karena bobot di bagian tengah ke belakang yang lebih dibandingkan mesin di depan (yang tidak kita bahas disini).
Porsche 911 (rear engine)
Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, mobil ini menggunakan posisi mesin di belakang yang posisi mesinnya berada di bagian belakang as roda belakang. Posisi mesin ini lumrah pada mobil-mobil high-performance. Kelebihannya adalah mobil ini lebih luas, seperti pada gambar di atas yang bahkan membuat mobil mampu menampung 4 orang. Tetapi mobil dengan posisi mesin seperti ini membutuhkan pengemudi dengan skill mengemudi yang tinggi dimana bobot mobil akan berpindah ke belakang sehingga dibutuhkan kontrol lebih.
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dari kekurangan mobil ini adalah dengan menambahkan bobot pada bagian depan mobil sehingga lebih stabil dan aman saat dikendarai. Setidaknya itulah yang dapat saya sampaikan mengenai kedua posisi mesin ini. Sekian dari saya. Salam petrolhead.
Thus the article Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil
A few articles Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil This time, hopefully can give benefits to you all. All right, see you in another article post.
You now read the article Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil With the link address https://motorsindo.blogspot.com/2018/03/perbedaan-mid-engine-dan-rear-engine.html
0 Response to "Perbedaan Mid-Engine dan Rear-Engine pada Mobil"
Post a Comment